Langsung ke konten utama

Lebay Hari Ini: Antara KUHSipil vs KUHScript ^.^

Dunia Hukum & Internet
Libur semester kali ini bakal berakhir. Semua kesantaian, tidur pules ampe siang, begadang sampe subuh, semuanya bakal berakhir tanggal 19 Februari besok. Yaaah... Nggak bisa mbangkonglagi dong. Huuuuuhhhhehehehehehe...n_n

Selain nggak bisa males-malesan, ada banyak hal yang harus "ditinggalkan": keluarga, pacar (LDR gitu loh), kampung halaman yang ngenes. Tiga biji itu yang jelas-jelas bakal segera ditinggalin setidaknya sampe 3-5 bulan ke depan. Inilah yang disebut PERJUANGAN! Success always need sacrifice. Apapun bentuknya. Sepanjang nggak alay, kenapa tidak?

Tapi, males-malesan sepanjang liburan nggak berarti bikin otak tumpul dan kreatifitas mirip dengkul loooo. Postingan yang sudah ke-publish nggak kehitung berapa biji (kalo penasaran liat aja sendiri ya. Hehehe...). Selain itu, liburan kali ini bikin saya makin akrab dengan yang namanya template, script, HTML code, CSS, walau definisi sama sejarah plus lekuk-lekuknya tetep aja bego'. Wakakakakak...

Walaupun bisa dibilang "masih bego," sedikit banyak saya udah bisa lah make "benda-benda ajaib" saya di blog kesayangan ini. Terutama buat mutilasi and manipulasi template blog yang saya pake dan widget-widget yang nongkrong di blog Jejak-Jejak Manyar. Hikmah yang saya dapet adalah: Saya kuliah dobel nih. Ya hukum, ya IT. Hehehe...

Coba deh. Di Hukum, saya kenalan dengan "kode-kode" yang disebut undang-undang dan puluhan pasal, ayat, dan butir-butir ketentuan lainnya. Saya kenalan dengan kodifikasi. Mulai dari KUHPidana atau Wetboek van Straffenbar, KUHDagang alias Wetboek van Koephandel. Dan ada juga yang namanya KUHPerdata, dalam bahasa Belanda dinamakan Burgerlijk Wetboek. Inilah yang disebut juga sebagai KUHSipil.

Nah, selama liburan saya juga ketemu "kode-kode" yang "serupa." Isinya atura-aturan buat bikin tampilan blog kita tambah mantap. Seperti saya sebutin di atas, kode-kode itu berupa script, template utuh blog, dan lain-lain. Umpama dikodifikasikan, namanya pasti Kitab Undang-undang Hukum Script alias KUHScript. Hahahaha... Cucok kan?

Mempelajari script terus terang bikin semangat saya muncul. Nggak ada hari tanpa ngobok-ngobok template (masa' mau ngobok ikan??! Joshua kesaing dong ^^). Ibarat koloni, ini yang disebut "membuka jalan baru ke benua yang baru" ala The New World. Blog lah yang membawa saya kayak gini. Sekarang tinggal gimana ceritanya memanfaatkan pengetahuan ini agar bisa sinkron dengan studi saya di dunia Hukum. Itu rencana saya ke depan.

Balik lagi antara hukum dan script. Bicara keduanya nggak bisa dilepaskan dari keasyikan dan beban. Berada di dua dunia bikin kita "kejepit" di tengah-tengah. Yang harus kita lakukan adalah: bagaimana memposisikan jepitan tersebut agar tidak menghimpit kita. Salah satunya, manajemen waktu.

Karena kita punya segudang aktifitas, kita harus bener-bener bisa mengalokasikan waktu kita. Mana buat Tuhan, mana buat keluarga. Mana buat kerja, mana buat diri sendiri. Dan mana buat kuliah, mana pula yang buat mengasah kemampuan praktis internet kita. Kalau syarat ini tidak terkelola dengan baik, saya jamin: pasti berantakan semua!

Harapan saya sih kedua KUHS ini bisa bener-bener saya kuasai. Dengan penguasaan dan integrasi dua dunia yang berkutub ria ini, bisa dibayangkan pembelajaran hukum online bisa lebih atraktif dan menarik sehingga setiap orang, khususnya yang nggak kuliah dan praktisi hukum, bisa lebih mengerti dan memahami hukum. Yang diuntungkan? Ya kita semua. Live in peace on the colour's pieces (Hidup damai dalam kepingan-kepingan berwarna, maksudnya dalam keanekaragaman :D).

Intinya, saya mau bilang: jangan pernah takut dan males belajar internet. Apapun latar belakang kamu, dunia maya adalah negeri "tanpa" batas yang bisa mengasah dan mempertajam insting, kreatifitas dan imajinasi kita. Sepanjang baik buat kita dan nggak ngerusak kepentingan orang lain, kenapa nggak? Hidup, Dunia Maya! Hidup, Jejak Sang Manyar! Hidup kita semua! ^^

Tulisan ini terkait dengan posting sebelumnya, yaitu:
-. Widget Islam: Show Yourself!
-. Mencari "Sumber Bencana" (Alay.com)
-. Sekali Lagi: Mencari Akar Masalah

Sumber Gambar: Koleksi dan Welcome to My Blog

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The End of The Holiday ^.^

Menyambut Esok Yup. Saya pikir inilah saat terakhir saya ngabisin hari libur. Masa reses. Masa menenangkan diri dan menjauhkan diri dari aktivitas perkuliahan dan tugas-tugas yang naujubillah banyak banget. Ini hari terakhir, meskipun masih kesisa sehari besok, buat memikirkan rencana masa depan. Kenapa hari terakhir? Ya karena mulai Senin besok lusa nggak ada lagi rencana. It's time to action! Setuju? ^.^ Senin, jam 7 pagi, sejarah semester 4 studi saya dimulai. Dosen baru, suasana baru. Target-target baru. Saya yakin, sepanjang hati kita yakin, kita bisa melakukan apa aja. Kebaikan apa aja. Kesuksesan apapun meski terlihat rumit dan mustahil. Dan hal ini yang akan saya lakukan: Agraria harus dapat nilai A!!!! Itu tekad saya buat si dosen killer yang bakal jadi dosen di kelas yang saya ambil semester ini. Semoga ini bukan keputusan goblok saya. Tuhan, Ya Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, berikan petunjuk dan kemudahan bagi hamba. Aamiin... So, bagaimana denga

Aku Tertawa

Bayi pun Turut Menertawakanmu Aku tertawa Melihatmu Berebut gundu dengan bibir berlumas gincu Tapi, Aku lebih tertawa lagi Melihatmu sendiri Tergugu dan nyeri Ketika biji gundu itu melesat ke dahi ..... Bekas dan jelas Sumber Gambar : Google

Sajak Pendek

Entah Ku tembangkan di tepi senja Ketika jingga menyala Dan jarak memisahkan kita Semoga kita berjumpa                    Lagi... Sumber Gambar: eRepublik - The New World