Jumat, Februari 17, 2012

Mencari "Sumber Bencana" (Alay.com)

Bikin Gemes Pol
Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman pribadi saya. Pengalaman apa sih? Yap. Pengalaman bikin efek loading kayak blog punya Sodara Yopi Hasopa (kalo penasaran cek aja di hsp21 blog). Dulu sempat ngidam bikin efek begituan (kira-kira 7 tahun lalu waktu masih udik plus katrok soal internet, apalagi blog). Nah, kesempatan itu terbuka kini.

Coba boleh coba, script-script yang ada di postingan Bung Yopi soal efek loading saya jajal. Selangkah demi selangkah. Selangkah demi selangkah. Daaaaan... Tetoooot! Gatot. Hahahaha... Ternyata efeknya nggak jalan. Pusing deh lu. Garuk kepala kanan, garuk kepala kiri. Sodok-sodok idung, kali aja nemu inspirasi. Hm... Akhirnya karena nggak nemu, langsung deh tanya ke sang praktisi. Dan syukur lah Bung Yopi nggak kayak birokrasi kita yang lelet n njlimet. "Keluhan" saya kemaren jam 4 pagi, eh jam 6 paginya udah direspon dengan ringkas dan jelas. Dan konsultasi terus berlangsung sampe beberapa saat yang lalu. Dan ternyata eh ternyata, cara saya udah bener! Nah. Kalo script udah kepasang dengan bener, nggak ada yang salah, sesuai dengan script tutorial yang ada di postingan Bung Yopi, kenapa masih nggak bisa coba? Balik lagi deh: Garuk kepala kanan, garuk kepala kiri. Sodok-sodok idung, kali aja nemu up*l. Hahahaha... Frustasi.net.

Iseng, sesuai saran dari empunya blog tutorial, saya terjun ke situs sumber postingan efek loading Bung Yopi. Kali aja ada jalan tikus. Cek satu-satu, ketemu topik yang sama. Saya pantengin tuh script di sono. Hasilnya? Sama aja kok. Naaah. Sekarang ini biang keladinya apaan coba?

Saya tarik kesimpulan bahwa benalunya ini pasti idup di template yang saya pake. Masalahnya, benalu yang mana? Ini repotnya anak Fakultas Hukum idup bareng kode-kode script. Kebiasa baca KUHSipil dikasihnya KUHScript. Ya Allah... Tabahkanlah hamba. Aamiin... :D
***
Nah, setelah saya selidiki script yang ada bau-bau 'loading', ketemulah script berikut:
>>Photo Slide<<
#slider {
position:relative;
width:560px;
height:280px;
background: #000 url(http://1.bp.blogspot.com/-F80SiDnYNs0/Ts0P4xXGd5I/AAAAAAAACp0/xA5AuZGzqEg/s1600/loading.gif) no-repeat 50% 50%;
}

>>Widget Content (Loading?)<<
  <div class='widget-content'>
    <div class='slideshow-container' expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_slideshow&quot;'>
      <span class='slideshow-status'>Loading...</span>
    </div>
  </div>


Nah. Itu script yang "berbau" loading, yang ketemu di HTML template saya (script Efek Loading sengaja nggak dimuat, panjang). 2 biji ini yang mau saya selidiki dulu. Dan, sampai kapanku, saya nggak akan menyerah.
TIDAK AKAN PERNAH MENYERAH!!!
Chayoooooo!




P.S.: Buat Bung Yopi, thanks buat posting tutorial efek loading plus quick response-nya. Edukatif! ^.^


*Update Jumat, 17 Februari 2012*
Gara-gara pikiran ke pecah, nama yang seharusnya Yopi dari Yopi Hasopa, jadi kena ketik Yosi di alinea ketiga dan post script. Update kali ini untuk merevisi kesalahan tersebut. Maaf buat yang punya nama. Hehehe..



Anda Sedang Membaca: Mencari "Sumber Bencana" (Alay.com)

2 komentar:

  1. Alhamdulilah udah bisa gan, saya juga sering belajar dari kegagalan... saat saya ngutak-ngatik kode blog, kenapa kok kode ini itu gak bekerja, sedangkan kita udah ikutin semua petunjuk dengan benar... tapi pada akhirnya bisa mendapat solusinya, entah itu beberapa hari, beberapa bulan, bahkan bertahun-tahun....

    NB: itu nama saya salah gan, dibagian akhir postingan. Harusnya "Yopi" bukan "Yosi", :D

    BalasHapus
  2. @Yopi Hasopa Iya gan. Kadang kita kudu gagal dulu biar jadi pinter ngatasin masalah. Alhamdulillah efek loadingnya udah bener. Makasih buat artikel+tanggapannya.:)

    NB: Eh, maap gan. Kurang ion, kurng konsentrasi. Hehehe... Segera direvisi. Makasih nih koreksinya. Maap.

    BalasHapus

Komen apa aja: Monggoooo.
Yang penting harus SOPAN dan Say No to SPAM

Salam Manyar... ヾ(●⌒∇⌒●)ノ

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...