Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2012

29 Juni 2012 : Jum'at Kedua di Bulan Sya'ban - Part I ಠ◡ಠ

Gambar
NGGAK kerasa udah ketemu Jum'at kedua bulan Sya'ban nih. Gimana? Udah nyobain puasa sunnah? Ngaji sampe mana nih? Hehehe... Ini baru latihan, Kawan. "Kompetesi" yang sebenernya nanti di bulan Ramadhan. Nggak ada deh kayaknya atlet jadi juara tanpa latihan. Setau saya. Gitu pun kita. Kalo pengen Ramadhan kita sukses, harus dilatih mulai saat ini. Paling nggak, latihan puasa kek. Ngaji kek. Sukur-sukur Bisa sampe khatam. Nggak ada ruginya kan?(∪ ◡ ∪)

Nah. Di Jum'at kedua bulan Sya'ban ini, saya mau ngasih beberapa tips nih buat temen-temen Manyar yang barangkali rada' ogah ngejalani puasa sunnah. Masa' bodo itu puasa sunnah Sya'ban, puasa Daud, atau puasa Senin-Kemis. Hm... Ada yang kelupaan nggak? Oh iya. Puasa Hari-Hari Putih tanggal 13, 14, 15 Sya'ban. Saya kasih tips paling newbie nih. Buat temen-temen yang baru kali ini mau nyoba puasa sunnah di bulan Sya'ban. Mau tau tips-nya? Check this out!

NIAT
Usahakan niat sekuat mungkin cuma buat …

Hilang Arah

Gambar
Kau seperti orang gila
Bernyanyi semaunya
Menembangkan apa saja
Dengan kata dan kiasan tanpa makna
Kau bicara seperti lebah
Dan tertawa pekakkan telinga

Kau berlompatan
Kau berlarian
Kau. Kau. Kau!
Teatrikal atau hilang akal?

Aku sering kali mengingatkan : "Duduklah sesekali dan nikmati alun melodi matahari ketika ia terbit di pagi hari dan ketika ia lelap di senja sepi."
Kau menggeleng dengan culas
Dan kembali bergeliatan dengan bebas
Aku hanya bisa tabah
Berdo'a semoga 'ni hanya mimpi saja

Dan hari ke hari
Minggu ke minggu
Entah sang luna beredar berapa kali
Kau makin kehilangan jiwamu
Kau larut dalam euforia
Kau tenggelam dalam fantasia
Kau terjerat
Dalam lorong gelap dan tersesat

Ribuan do'a malaikat tak mempan
Jutaan asa manusia terpatahkan
Milyaran kali peringatan
Milyaran kali pula kau abaikan
Harus dengan kutukkah kau terhentikan?

Hilang arah
Durjana tumbuh mewabah
Kau. Kau. Kau
Salah satunya...

Tuhan.
Selamatkan kami dari anomali ini...

Sumber Gambar : NU Pinggiran - Ciri-Ciri Aliran …

'Ku Cinta Kamu'

Gambar
(Just for You)

'Ku cinta kamu'
Sungguh
'Ku cinta kamu'

Pada embun
Pada rambat nada yang laun
Ku katakan alun dan teduh
'Ku cinta kamu'

Maka
Ketika langit menampakkan sinarnya yang terik
Dalam banjiran keringat,
Dalam tetesan sengat,
Dan garang panasnya udara tak tergurat
Ku coba 'tuk sempat
Ucapkan dengan sangat
'Ku cinta kamu'

Kini
Ketika senja
Jingga kesumba menyapa rekah dan ceria
Pada bias kemuning di sela pepohonan waru
Dan di antara dahan-dahan nyiru nan merindu
Lembut ku ulangi ucapku
'Ku cinta kamu'

Lihat!
Malam merapat
Bulan menyembul malu-malu
Mengintip dari gugus awan putih abu
Seribu kali
Ku tegaskan hatiku
'Ku cinta kamu'

Wahai...

Dengarlah gema jiwaku...

Dengerin Lagu Yuk : Ganso Tensai Bakabon No Haru

Gambar
ANEH nggak dengerin satu lagu gitu tapi sama sekali nggak paham lagunya? Tapi, lebih aneh mana sama orang yang suka sama satu lagu tapi dia sama sekali nggak paham makna lagu gitu? Hah? Kenapa? Siapa? Apanya yang 'siapa'? Oh... Orangnya itu... Hm... Saya kasih tau nggak ya? Wani piro? 〜( ̄△ ̄〜)

Oke deh. Saya kasih tau. Orang itu ya saya sendiri. Hihihihihihi... (Serem amat ketawanya...(。ヘ°))

Dari dulu saya paling demen lagu-lagu Negeri Sakura (ya nggak semua lah -.-"). Sejarah awalnya sih "terkontaminasi" dari soundtrack kartun sama film-film anak dari Jepang. Terutama yang nongol di Indosiar. Apa aja? Ya banyak lah. Antara lain Super Rescue Solbrain sama Ultraman & the Gank (biar keren dikit (/^▽^)/), mulai dari Ultraman Tiga, Ultraman Dyna, sampe Ultraman Gaia yang nggak sempat saya liat sampe tamat  .・゜゜・(/。\)・゜゜・.

Nah, yang kali ini mau saya bahas bukan lagu-lagu Jepang yang saya demen di atas itu. Ada satu lagu yang pernah nongol di SCTV jadi ending theme

Bulan Sya'ban : Bulan Syafaat atau "Bulan Kiamat"? ಠ~ಠ

Gambar
PERHATIAN:Dilarang membaca artikel ini dengan esmosi |◔∇◉|. Bagi yang memiliki riwayat penyakit suudzon, sok pinter, males baca, plus fanatik, saya sarankan Anda tinggalkan artikel ini segera. Demi kesehatan Anda sendiri ●‿●✌



Kata BijakHariIni : "Siapa yang menyalahkan dirimu karena merasa benar? Dunia menyalahkan dirimu karena kamu memaksakan kebenaranmu menjadi kebenaran orang lain."


NAH, kali ini saya punya topik baru yang rasanya paling pas dibincangkan di bulan ini. Kudu diakui memang saya agak telat posting artikel ini (namanya juga baru dapet inspirasi... טּ_טּ"). Tapi, daripada nggak sama sekali? By the way, soal apaan sih?

Begini pembaca yang budiman (bagi temen-temen Manyar yang namanya Budi dan Paiman, maaf cuma manggil (●⌒∇⌒●)), bulan Sya'ban, seperti yang udah sedikit saya singgung kemaren, adalah bulan yang penuh dengan tantangan. Lha, kok tantangan? Yoi. Saya bilang gitu karena di bulan ini kita diuji apakah mau atau tidak menjemput syafaat yang diberi…

Ya Rasulullah

Gambar
(Catatan seorang umat di geliat zaman yang pekat)

Ya Rasulullah,
Telah kami dengar gemetar do'amu
Memelas, meminta duli Sang Robbi
'Tuk cintai kami
Lebihi dari kecintaanNya padamu

Ya Rasulullah...
Telah kami lihat
Guratan sejarah yang tumpat*
Akan sorak gempita tekadmu yang cuat
'Tuk menuntun kami
Menuju dermaga senja firdausy jannah

Ya Rasulullah...
Telah kami raba
Telah kami rasa
seribu luka yang membebat dan menjerat
selaksa letih yang iba dan berbusa
sejuta air mata
yang tumpah karena cinta
Kau berikan semua dengan percuma
Kau berikan segala tanpa damba
Kau berikan seluruh tiada keluh
Terbingkis kudus dan utuh
Hanya 'tuk kami yang satu

Zaman beralih. Musim menepi...

Ya Rasulullah,
Sudahkah kami lakukan sama untukmu?

YaRasulullah,
Sudahkah kami agungkan namamu, seperti kau dambakan kami dalam do'a-do'amu?

Ya Rasulullah,
Sudahkah kami renungi jejakmu
dan resapi tetes peluh pengorbananmu?

Kami hilang dalam api, ya Nabi...
Kami sesat dalam imaji

Kami terkurung dalam …

Monumental

Gambar
Sungguh fenomenal bangsa ini
Sekian dekade merangkak dan tertatih
Tak jua kini
Ia bergegas lancar berlari

Sungguh fenomenal negeri ini
Sekian windu lepas dari musuh
Dan mencoba teguh menata ladang pertiwi
Kini
Mengapa kau rengkuh lagi musuh yang dulu kau usiri?

Ah
Sungguh fenomenal kami
Bermimpi kemakmuran datang
Apa daya kemalasan menjadi dalang
Bermimpi keadilan datang
Bah! Kawan terinjak pun kita tenang

Tak fenomenal bagaimana diri kami?

Sumber Gambar : Wikipedia - Indonesia

22 Juni 2012 : Jum'at Pertama di Bulan Sya'ban ٩(-̮̮̃•̃)

Gambar
NGGAK kerasa sebulan lagi kita akan berjumpa dengan bulan Ramadhan (Ya Allah... Berikan kami umur panjang hingga dapat bertemu dengan Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang... Aamiin... v(ಥ ̯ ಥ)v). Bulan puasa bagi umat Islam. Bulan dimana kebaikan sepertinya menjadi barang yang paling dicari. Bulan dimana sedekah menjadi begitu rajin dan pengemis menjadi begitu banyak. Bulan dimana masjid-masjid penuh sesak dengan jamaah shalat tarawih.

Tapi, itu masih sebulan lagi. Hari ini, saat ini, kita berada di bulan Sya'ban. Bulan "kejepit." Rajab sudah berlalu dengan berbagai puasa dan ibadah sunnah lain yang kita kerjakan. Nabi Muhammad saw pernah bersabda bahwa bulan Sya'ban adalah bulan beliau. Beliau banyak melakukan puasa di bulan ini karena pada bulan inilah amalan-amalan manusia diboyong ke langit. Pada bulan inilah, beberapa ulama menyebutnya Bulan Syafa'at, Allah swt memberikan syafa'atNya kepada umat-umatNya. Rasanya begitu aneh jika kita melew…

Aku Tertawa

Gambar
Aku tertawa
Melihatmu
Berebut gundu dengan bibir berlumas gincu

Tapi,
Aku lebih tertawa lagi
Melihatmu sendiri
Tergugu dan nyeri
Ketika biji gundu itu melesat ke dahi
..... Bekas dan jelas

Sumber Gambar : Google

Ikutan Polling Yuuuukkk,,,!! ヾ(´▽`;)ゝ

Gambar
POLLING buat benah-benah blog udah beres. Udah baca belum? Kalo belum, baca dulu gih biar paham. Nih artikelnya,,,===┌(★o☆)┘Klik Sini└(★o★)┐. Xixixixixixi,,, Emang ada hubungannya ya? Ya ada laaaah. Apa? Ini mau saya bahas. Cerewet ih.

Nah, kalo tadi polling soal ngebenahin blog, polling kali ini bakal fokus buat ngeliat kecenderungan para voters. Kecenderungan apaan? Ini dia. Liat lagi gambar di atas. Tau judulnya? Kenapa nggak keliatan? Nih deh saya kasih yang lebih jelas lagi.

Ini dia polling terbaru kita=====00>>
Udah keliatan kan sekarang? Apa? Yoi. Anda benar. Polling Jejak-Jejak Manyar kali ini soal Puasa Tahun Ini. Saya berharap Sahabat Manyar mau berpartisipasi di polling kali ini. Saya hanya pengen tau kok pendapat dan sikap temen-temen soal puasa kali ini. Vote sesuai nurani ya? Rahasia dijamin. Dijamin bocor. Hahahaha... Just kidding.

Apa? Hadiah? Hm... Hadiah. Oke! Sapa nih pengen hadiah? Semua? Baik kalo begitu. Silahkan minta kepada orang tua masing-masing ya. Hehe…

@Smartfren, Saya Tepati Janji Saya

Gambar
WAH, saya harus terima kasih banyak buat Saudara Faizal yang sudah kirim komentar lanjutan memberitahukan kalo sejumlah pulsa yang ilang kemaren udah balik ke rumahnya masing-masing. Dan setelah saya cek saldo pulsa saya, ternyata balik! Rp. 15.000,00. Kontan. Nih buktinya.

Kenapa? Nggak keliatan? Nih saya kasih yang lebih jelas lagi.
Alhamdulillah ternyata Smartfren mau mendengar keluhan para konsumennya. Semua ini berkat kerja sama semua pihak, khususnya konsumen yang mau mengutarakan kerugian mereka melalui berbagai cara, salah satunya dengan memposting artikel seperti yang saya lakukan kemarin.

Artikel ini saya tulis buat "memperbaiki" artikel sebelumnya sekaligus sebagai bentuk APRESIASITERTINGGI saya buat Smartfren yang cukup sigap menyelesaikan masalah ini dalam 24 jam. Patut diacungi jempol tindakan pemulihan yang dilakukan Smartfren terhitung sejak tanggal 20 Juni 2012 kemaren. Semoga "tragedi pulsa" ini menjadi pengalaman "manis" bagi penyedia j…

Polling Ditutup. The Result is... ^^

Gambar
CUKUP lama ternyata polling"Kamu Suka Blog Pribadi Kayak Apa Sih?" saya buka. Walaupun voters nggak seperti yang saya harapkan (maklum. Nggak pernah promosi [^.^]), hasil yang ada udah menunjukkan kira-kira apa yang harus di-upgrade dari blog ini.

Nah. Sekarang hasil sudah di tangan, kapan nih mau ada perbaikan? Ini nih yang saya bingung. Konsep perbaikan secara umum udah ketemu toh lewat hasil polling. Cuma, formatnya pagimana?

Btw, belum tau ya final result dari polling tempo hari? Nih saya kasih gambarnya.
Dari 13 vote, ketauan tipikal blog pribadi yang Paling disukai adalah blog pribadi model Share Pengalaman Pribadi dan All in One (Kayak Nescafe aja all in one (>ˆ▽ˆ)>). Di peringkat kedua, tipe blog pribadi yang disukai adalah blog dengan konten Inspirasi dan Renungan disusul di peringkat ketiga Karya-Karya Sastra (astaga... Berarti... ͼ(ݓ_ݓ)ͽ). Terakhir, peringkat keempat di isi Kumpulan Humor dan Teka-Teki, Lain-Lain, dan Saya Tidak Suka Blog Pribadi. Apapun hasi…

Sedikit Sindiran & Segudang Pelajaran

Gambar
DUNIA wirausaha sering disebut dunia yang paling menyenangkan. Bill Gates dari dunia software, Mark sang empu Facebook atau Soichiro Honda sang bisnismen otomotif terkemuka dan tersohor akan jatuh bangunnya usaha yang ia rintis. Semuanya orang-orang yang berkecimpung di dunia enterpreneur, apapun spesifikasi bidang mereka. Mereka mengubah dunia dengan pikiran, ucapan, dan tindakan mereka. Dan, apakah mudah menjadi seperti mereka? Jawabannya : TIDAK!

Butuh kerja keras dan komitmen yang tegas terhadap kepuasan konsumen untuk menjadi pelaku usaha yang sukses. "Pembeli adalah Raja." Saya pikir itu terlalu baik untuk pembeli yang seleranya seperti angin : sekarang ke Utara, besok pasti hilang entah kemana. Jika, "Penjual adalah Raja"? Heloooo, siapakah yang paling membutuhkan siapa? Secara emosional, lebih baik memperoleh sesuatu yang mahal dibandingkan mempertahankan sesuatu yang murah dengan resiko kita bakalan mati muda karena terus-menerus dikecewakan. Buat saya, Pe…

SlideShow : Akhirnya Beres Juga ^^

Gambar
SETELAH nyaris ribuan tahun tak terselesaikan (sumpah lebay banget! ٩(>.<)"۶), akhirnya slider Nivo di blog ini bisa berjalan lagi! Alhamdulillah.

Semua masalah kalo ditangani dengan tenang, niat yang matang, dan akses informasi yang panjang (nggak asal comot satu info tapi ditelusuri dulu asal-usul info itu) pasti nggak bikin kesuksesan kita jauh dari genggaman. Eits, jangan lupa restu ortu dan ijin Tuhan. Mau banting tulang ampe gepeng pun kalo orang tua nggak ngerestuin jalan kita (catatan : khusus buat jalan yang keliru) dan Tuhan nggak ngasih ijin kita sukses (baca : belum!), barangkali kita harus bersabar untuk sukses. Seperti ngedit template ini! Bayangin aja. Lebih dari enam bulan (kayaknya ≧◠◡◠≦✌) slideshow blog ini nggak jalan. Puluhan kali saya obok-obok, sampe gila-gilaan bikin dua blog ujicoba dan semuanya berakhir di kresek sampah, nggak bisa-bisa juga slider-nya jalan. Eh, ternyata, cuma tinggal mindah script doang persis ke atas scriptbody end yang bikin blo…

Balada Modem Smart(un)fren

Gambar
KALI ini, secara tegas, secara nyata, dan dengan kesadaran diri yang penuh saya harus mengatakan hal ini : Jangan terbujuk iklan dan jangan terpaku harga!

Banyak produk-produk berharga murah bertebaran di sekitar kita. Sepatu, baju, tas, perkakas. Belum lagi ponsel, laptop. Terakhir, Modem. Wow! Di-bold, kek. Hehehe... Yup. Kali ini saya akan mengangkat sebuah realita yang cukup serius. Sebuah contoh nyata (indikasi) kejahatan korporasi yang (sepertinya) tengah terjadi dan saya alami. What is it?

Sejarah dengan kesaksiannya yang ada mencatat (cieeeee..... Hehehe...), usaha cek pulsa yang saya lakukan berkali-kali pada 19 Juni 2012 sejak pukul 20.57:42 baru membuahkan hasil pada pukul 22.16:24 dengan sebuah SMS balasan dari 999 yang berisi : "Pulsa Anda Rp. 15,000 berlaku s/d 06/06/2013. Dgr lagu top, hub 357. Rp6rb/30hr." Alhamdulillah. Masih ada. Kirain udah habis atau apa gitu soalnya Modem Smartfren yang katanya anti lelet kok malah melet-melet hanya dibuat ngebuka Kakek …

Terbuka? Tertutup?

ORANG memang berbeda-beda. Ada yang ekstrovert, ada yang introvert. Yang satu nyuruh kita terbuka, sedangkan kita lebih suka tertutup. Lain lagi. Ada yang minta kita tertutup padahal jelas-jelas kepribadian kita terbuka. Orang men-judge orang terbuka dan mengutuk orang tertutup. Pilih mana? Terbuka? Tertutup?

Gimana kalo shif-shifan aja? Seminggu terbuka, seminggu lagi tertutup. Wehehehehe... ٩(͡๏̮͡๏)۶

Kita hidup dikelilingi orang-orang yang beraneka ragam : jenis kelamin, ras, selera, cara pandang, style, haluan politik, agama. De el el. Juga kita dikerumuni orang-orang dengan pola sikap yang macem-macem terhadap kepribadian orang laen. Ada komunitas yang nggak suka sama orang-orang yang karakternya terbuka. Gitu juga dengan orang-orang tertutup. Masing-masing punya alasan buat suka n nggak suka. Masalahnya, kita mau ikut yang mana?

Susah memang idup di tengah-tengah manusia. Kita sering dipaksa untuk mengikuti selera mereka. Apa hak mereka? Dan apa pula kewajiban kita buat nurutin me…

Nikmati Aja Hidup Ini ^^

Gambar
SUSAH. Senang. Mau diapain? Mau dipilih? Emang bisa?
Hidup memang penuh dengan kesusahan. Tapi, sapa bilang hidup sedikit kesenangan? Hidup memang penuh dengan ujian. Tapi, sapa juga yang bilang kalo hidup udah ngasih berbagai peluang sebagai jalan keluar? Susah. Senang. Semuanya, mau nggak mau, setiap orang harus dan harus selalu merasakan keduanya. Sekarang susah, sapa tau besok giliran kita senang? Begitupun yang sekarang lagi senang, jangan takabur! Hidup selalu berputar. Tak ada jaminan kalo besok kita nggak bakalan susah.

Kalo susah mulu? Itu berarti pikiran kita nggak bisa memberikan celah buat kesenangan datang mengisi hidup kita! ┌(˘⌣˘)ʃ

Batas susah dan senang itu ada di pikiran kita. Sesusah apapun kita, kalo pikiran kita positif, kesenangan akan datang. Begitupun kesenangan. Kalo pikiran kita selalu bermuram durja [Cieeeee... Nyastra! (>_<)>], kesenangan kayak apapun pasti keliatannya gelaaaaaaaaap banget. Kalo nggak percaya, cobain deh.

So, Guys. Hidup ini memang p…

Suarang yang Hilang

Gambar
Ku ingat
Nenekku
Bercerita dongeng begitu hebat
Tentang nelayan
Tentang pelaut
Tangkas memuing ombak tanpa takut

Nenekku berkisah
Tentang perjalanan sakral mereka
Mencari suarang
      -harta karun berharga-
untuk anak cucu mereka di masa 'kan datang
Tak gentar mereka kuku-kuku musuh
Bagai setan menebar keruh
Tak gentar mereka hujaman pedang lawan
Sebab keberanian takkan pernah terkalahkan

Dan entah
Seribu. Dua ribu. Tiga juta. Empat juta
Atau entah berapa pasti para pelaut itu mati
Tapi mereka abadi
"Mati satu tumbuh seribu!"
Pekik yang ku ingat sepanjang hidupku

Dan hari-hari berlalu
Musim-musim hilang dan pulang
Waktu serentak dan bisu
Perlahan tapi pasti,
     suarang berhasil mereka miliki
Senyum. Tawa
Serentak riang membahana
Sepucuk gunung sampaikan salam cinta
Selembar langit kabarkan jabat sobat
Ah. Kedamaian begitu dekat
Sampai kapan 'ni ku dapat?
***
Ku ingat
Nenekku
Berkisah dengan mimik luka dan gundah
Ku ingat
Nenekku
Berkisah dengan nafas jutaan hela
Dimana kini mereka?
Dimana harta bangsa?

Tandus dan Pupus

Gambar
Rinai janji
Serentak riang ku bernyanyi
Wabah derita : aku tertawa
Gumam bencana : aku biasa
Dunia masih cerah. Langit masih biru
Mengapa harus sendu?

Sabda pagi
Getarkan kabar menyayat hati
Ada pengkhianatan di seberang sana
Ada kepecundangan di tepi sana
Apa yang harus ku jalani?
Apa yang harus ku lalui?
Apa yang harus ku katakan kini?
Sepi. Sunyi
Hening beranjak gelora api...
***
Rinai janji
Melesak bising berjuta lagi
Tak ku temukan lagi
Asa ceria di antara luka
Aku papa di antara warna
Aku lemah di antara ria
Matahari sepai
Senja kuncup hilang damai
Abai
Aku terserak patah gapai
Tergontai...

Sumber Gambar : Gemma Sholawat dan Qosidah - Nasehat Al-Imam Asy-Syafi'i Kepada Muridnya Al-Imam Al-Muzany

Harga 2

Selusin kata
Setangkup rasa
Segunung janji membinasa

Ada orang payah
Bersandaran di tepi kawah

Ada orang resah
Berbaringan di antara hampa

Ada orang hilang
Terperangkap senja menjadi remang

Dan ia yang gamang,
Mengapa kalian buang?

Dalam hening aku bertanya :
Adakah harga dari semua derita
     nya?

Harga

Gambar
Ada harga yang harus kau bayar
Ketika bibirmu berkata
Dan seribu manusia :
Terluka dan berdarah-darah

Ada harga yang harus kau bayar
Ketika langkahmu tempa
Dan selaksa tanah memucat dan binasa :
Menjadi kutuk dan hilang berkah

Ada harga yang harus kau bayar
Ketika diam menjadi sampah
Dan gumam memancing musnah :
Sejuta orang berlarian lindungi nyawa

Dan ada harga yang mesti kau bayar
Ketika angkuh kau berlalu
Dan sejuta tangan tengadah dan mengeluh :
Mengapa kau tinggalkan menjauh?

Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi