Jumat, Juni 29, 2012

29 Juni 2012 : Jum'at Kedua di Bulan Sya'ban - Part I ಠ◡ಠ

Evaluasi Yuk! ^^
NGGAK kerasa udah ketemu Jum'at kedua bulan Sya'ban nih. Gimana? Udah nyobain puasa sunnah? Ngaji sampe mana nih? Hehehe... Ini baru latihan, Kawan. "Kompetesi" yang sebenernya nanti di bulan Ramadhan. Nggak ada deh kayaknya atlet jadi juara tanpa latihan. Setau saya. Gitu pun kita. Kalo pengen Ramadhan kita sukses, harus dilatih mulai saat ini. Paling nggak, latihan puasa kek. Ngaji kek. Sukur-sukur Bisa sampe khatam. Nggak ada ruginya kan?(∪ ◡ ∪)

Nah. Di Jum'at kedua bulan Sya'ban ini, saya mau ngasih beberapa tips nih buat temen-temen Manyar yang barangkali rada' ogah ngejalani puasa sunnah. Masa' bodo itu puasa sunnah Sya'ban, puasa Daud, atau puasa Senin-Kemis. Hm... Ada yang kelupaan nggak? Oh iya. Puasa Hari-Hari Putih tanggal 13, 14, 15 Sya'ban. Saya kasih tips paling newbie nih. Buat temen-temen yang baru kali ini mau nyoba puasa sunnah di bulan Sya'ban. Mau tau tips-nya? Check this out!

NIAT
Usahakan niat sekuat mungkin cuma buat Allah swt. Kalo emang berat nggak bisa munculin niat itu, inget-inget aja manfaat puasa di bulan Sya'ban di samping faedah puasa itu sendiri. Inget lho. Puasa itu dari segi medis banyak diakui manfaatnya. Orang non-muslim aja disuruh puasa kalo mau dioperasi, masa' kita yang Islam ogah disuruh puasa (sunnah)? Lagian inget-inget hadist Nabi Muhammad saw. yang intinya beliau mengatakan di bulan Sya'ban ini amalan kita disetor ke langit. Apa kita nggak seneng amalan kita disetor pas kita lagi "bersih-bersih" hati, pikiran, dan badan kita? Orang liat kita keliatan bersih aja seneng banget, apalagi Allah swt. melihat umatNya "kinclong" pas lagi amalnya digudangkan di langit?

PUASA+AKTIFITAS=TANTANGAN
Orang nggak puasa jalan naek tangga dari lantai 1 ke 3 bolak-balik tiga kali itu biasa. Kalo puasa? Di sini tantangannya. Buat cowok-cowok yang ngakunya gentle, macho, cool, kalo beraninya berantem doang, kebut-kebutan sama ngeroyok anak kucing mah apaan. Nih cobain kalo berani. Puasa sunnah di bulan Sya'ban sekalian lakuin aktifitas-aktifitas yang positif, kayak kuliah, kerja, ngerjain tugas (asal nggak ngerjain tugas temen aja v( ‘.’ )v), atau sekedar latian band. Why not? Pahala orang yang berpuasa sambil beraktifitas itu lebih gede lho. Logika aja deh. Pelajar miskin jadi juara 1 UAN/UAS pasti bakal dapat penghargaan lebih daripada posisi yang sama tapi yang jadi juara pelajar yang ekonominya mapan. Kenapa? Ya dari sumber daya finansial pelajar yang kurang beruntung itu kan "nggak ada apa-apanya" dibandingkan yang kaya. Hebatnya, prestasi dia bisa menyamai atau bahkan melebihi mereka yang mapan. Apa nggak hebat? Gitu juga orang puasa. Nggak puasa ngangkat jemuran itu biasa. Lagi puasa? Nggak tantangan gimana coba?

UNIK
Lho. Kok unik? Ya iya lah. Kalo bulan Ramadhan kita puasa ya wajar. Nggak ada yang aneh. Semua orang Islam yang mampu juga puasa di bulan itu. Lha kalo Sya'ban? Jarang kan? Nah ketika kita puasa di bulan itu sama artinya kita jadi pribadi yang unik dengan keluar dari keumuman. Iya nggak? Inget lho. Yang unik-unik itu lagi ngetren sekarang. Contohnya aja nikahannya Nassar finalis KDI yang unik banget sampe (katanya ≧◡≦) ngabisin dana 4 Miliar lebih (Subhanallah.... L(・o・)」). Kira-kira buat anak yatim dan fakir miskin ada sisanya nggak ya?⎝⎲⎵⎲⎠

BUKA PUASA
Orang puasa bakalan ngerasa bener kenikmatan yang paling nikmat itu pas lagi buka (khusus newbie). Kenapa? Pertama, mereka udah laper banget dari pagi nggak makan. Kedua, mereka capek seharian disuruh ini itu n ngerjain ini itu. Ketiga, mereka seharian banyak banget ngalamin godain. Paling gampang ya ngeliatin orang makan. Nah, begitu bedhug Maghrib ngejidur dari masjid, buru-buru deh nyomot nasi ato sekedar roti buat buka puasa. Dan... Aaaah. Alhamdulillah... Kayaknya udah surga bener deh idup ini. Kalo orang nggak puasa, mau makan apa aja rasanya mah sama. Paling rasa enak di mulut doang. Kenikmatan yang terdalam mereka nggak punya. Hanya orang puasa yang punya. Kalo pengen ngerasain, ya puasa dong. Oke?

Segini dulu tips soal puasa. By the way, pengen tips buat betah ngaji nggak di bulan Sya'ban? Tunggu aja ya. To be continue dulu yach!⎝⓿⏝⓿⎠

Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi


Anda Sedang Membaca: 29 Juni 2012 : Jum'at Kedua di Bulan Sya'ban - Part I ಠ◡ಠ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen apa aja: Monggoooo.
Yang penting harus SOPAN dan Say No to SPAM

Salam Manyar... ヾ(●⌒∇⌒●)ノ

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...