Kamis, April 05, 2012

Tugas

Tanggung Jawabku
Tugas. Satu kata. 5 huruf dengan konsonan dua dan vokal tiga. Tugas. Sapa sih yang nggak paham? Dari balita sampe orang jompo udah pada tau apa itu tugas walau pemahamannya macem-macem. Misal aja. Anak kecil. Kira-kira umur 4 tahunan. Mereka udah mulai paham kalo habis mainan harus diberesin. Ya walaupun sering nggak-nya dari pada iya-nya. Hahaha... Tapi, itulah pemahaman. Wajar kan? Naek dikit. PAUD, TK, SD. Udah mulai kenal yang namanya "PR". Bukan pagerank! Lu kira ngeblog apa? Hehehe... Maksudnya "Pekerjaan Rumah." Macem-macem bentuknya. Mulai dari ngapalin do'a, berhitung, membaca, sampe perkalian buat bocah-bocah SD. Begitu lah buat jenjang usia selanjutnya. Semua orang punya tugas. Mau yang sekolah, mau yang nggak. Mau yang kerja, mau yang nganggur. Semua punya tugas. Masalahnya, sering kali kita lupa: tugas kita apa.

Jujur deh. Tugas itu sebenernya enteng. Kalo dikerjain. Tugas kayak apapun deh. Tugas jadi begitu berat karena dua hal. Pertama, cuma dipantengin alias dipelototin alias dibengongin. Kedua, ditumpukin ampe kayak gunung. Nah, beginian ini yang bikin tugas kesannya jadi beban di bahu kita. Akhirnya, kita mulai ngasal deh ngerjainnya. Yang penting beres. Bodo' bener atau salah. Anda kah salah satunya? :D

Pengalaman saya vakum semingguan lebih ini nggak lain buat menuntaskan tugas-tugas yang saya punya. Sebenernya nggak saya tumpuk sih. Cuma datangnya aja yang bergerombol. Kontan deh panik. Mana dulu coba yang harus diselesaiin?
Makin Banyak, Makin Pusing (?)
Tugas, sebenernya, adalah alat supaya kita makin mahir. Yap. Tugas itu jalan. Jalan kesuksesan kita. Gimana mau sukses kalo nggak ada tugas yang mengasah kemampuan kita? Seandainya kita perhatian dikiit aja sama tugas kita, menghilangkan kesan terbebani, dan mencoba sejiwa, pasti deh kita menemukan banyak kebahagiaan dari tugas-tugas kita. Dan itu saya alami sendiri lho pas ngerjain tugas-tugas kemaren. Awalnya beraaaaat bener. Bayangin. Dua minggu harus ngumpulin 4 tugas terstruktur pertama dan 2 kuis. Mana tugasnya nggak jauh-jauh dari makalah. Jari-jari saya rasanya mau nangis diplonco begituan. Tapi, karena udah saya mantepin buat ngebagusin tugas-tugas saya, kesan pegel pun (mau nggak mau) saya tahan-tahanin aja. Nah, sekarang? Everything feel so free. Bebas banget. Tinggal sebiji aja tugas yang nunggu dikelarin. Hari Sabtu rencananya saya habisin sampe akar-akarnya. Setelah itu, dua minggu saya bakal bertempur dengan ujian tengah semester. Hm... Moga aja deh saya sukses semester ini.

Nah. Postingan perdana saya ini nggak mau bicara panjang lebar deh. Lagian saya udah nyiapin materi posting yang super panjang. Insya Allah abis sholat Jum'at bakal nongol di blog saya. Postingan itu buat memenuhi hutang saya ke Kawan-Kawan Manyar tempo hari buat ngasih dokumentasi perjalanan mudik saya. Kalo lupa, coba deh liat di sini. Besok siang hutang itu akan lunas. Dan, itu juga salah satu bentuk TUGAS lho. Hehehe... Tugas saya buat menghibur temen-temen yang datang ke blog saya. Dan sebelum postingan ini saya tutup, saya hanya mau titip pesen: Jangan merasa terbebani dengan tugas. Laksanakan sebaik mungkin. Itu salah satu batu pijakan kesuksesan kita. Kecuali temen-temen nggak mau sukses. Hehehe...  See you.

NB : Mau tau nggak keuntungan garap tugas sesegera mungkin daripada ditunda-tunda? Nih liat deh di bawah ini ^_^
Mimpi indah tanpa kebayang tugas :D



Anda Sedang Membaca: Tugas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen apa aja: Monggoooo.
Yang penting harus SOPAN dan Say No to SPAM

Salam Manyar... ヾ(●⌒∇⌒●)ノ

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...