Senin, Juli 02, 2012

29 Juni 2012 : Jum'at Kedua di Bulan Sya'ban - Part II ಠ◡ಠ (END)

Sya'ban 1433 H
KALO tadi saya udah ngasih tips buat puasa buat temen-temen Manyar, sekarang giliran ngaji. Berat emang di sela-sela aktifitas harus nyempet-nyempetin buka Al-Qur'an, baca satu per satu ayat, belum lagi kalo kita nggak lancar. Makin parah tuh. Yang awalnya kita antusias banget setelah baca dan hasilnya nggak bagus (ya nggak lancar lah, ya banyak tugas lah, ya nggak khusyuk lah v(ಥ ̯ ಥ)v), bukan nggak mungkin kita bakal langsung tutup Al-Qur'an kita tanpa berhasil menyelesaikan satu kata pun.

Kali ini saya mau bagi resep nih buat membangkitkan semangat kita buat ngaji. Nggak usah banyak cincong deh. Nih saya kasih. FREE! Hehehehe... <【☯】‿【☯】>

NIAT
Noh. Lagi kan? Yoi. Niat ini penting. Kalo dasarnya udah nggak ada niat, susah buat mencapai tujuan kita. Kuatin dulu niat, pastikan kita emang pengen ngaji (entah nyoba ato emang mau beribadah, whatever v( ‘.’ )v ). Kalo udah hati kita ada niat untuk itu (nggak usah banyak-banyak. Khusus newbie 65% itu udah oke), langsung buka dari Surat Al-Fatihah (masa' iya dari An-Nas dulu sih??!!! -.-"'). 1... 2... 3... Mulai! ┌( ಠ_ಠ)┘

DIKIT-DIKIT
Buat pemanasan, nggak usah banyak-banyak. Satu 'ain itu aja cukup kok buat latian. Udah tau kan 'ain itu apa? Kalo belum liat deh foto di bawah ini.
'Ain
Cek deh di Al-Qur'an temen-temen. Berapa baris sih dari 'ain satu ke 'ain lainnya? Nggak banyak kan? Paling antara 5-17 baris aja. Tergantung Al-Qur'an masing-masing. Nggak berat dong berarti?

PELAN-PELAN
Nggak usah buru-buru. Udah se-'ain, buru-buru lagi. Kelewatan amat. Santai. Kita idup 24 jam, 1.440 menit, dan 86.400. Buat yang masih grogi bacanya (eufimisme. Hehehehe... 。◕‿◕。), paling se-'ain itu ngabisin 10 menit. Buat yang udah expert, paling-paling semenit udah kelar. Apa susahnya meluangkan waktu 1-10 menit dari umur kita sehari 1.440 menit? Daripada 30 menit ke buang nyimak bokep melulu coba? 〴⋋_⋌〵

RUTIN
Tadi dikit udah, pelan udah, sekarang giliran rutin. Yoi. Lakuin setiap habis sholat. Kalo nggak bisa setiap habis sholat, ya setiap habis sholat tertentu, kayak Dhuhur, Maghribh, and Isya' yang senggang banget waktunya. Kalo nggak bisa juga, pilih waktu khusus buat baca jatah ngaji itu dalam sehari. Inget! Sehari! So, minimal temen-temen Manyar bakal baca se-'ain Al-Qur'an sehari sampe 5 'ain sehari alias 7-15 'ain seminggu ato 30-150 'ain sebulan. Berat? Kayaknya nggak deh. Lakuin secara rutin. Saya jamin pasti ketagihan. Asal yang di atas tadi tuh si Niat always ada dalam ngaji saya yakin temen-temen bakalan ketagihan ngaji.

REHAT
Lho. Kok rehat? Maksudnya? ヽ(゜Q。)ノ?
Gini. Setelah habis ngaji se-'ain sehabis sholat ato dalam sehari, setelah selesai, jangan ditutup dulu Al-Qur'annya. Liatin dulu bagian yang barusan dibaca. Liatin tiga kali bolak-balik. Pelan-pelan. Oke? Bolak-balik plus pelan-pelan. Kalo udah, tutup pelan-pelan, terus taruh Al-Qur'an di tempat yang layak.
Terus?
Nah. Dari bagian se-'ain yang tadi dibaca, renungkan : 1) Gimana bacaan kalian tadi? Kurang bagus, standar, apa bagus? 2) Dapet perubahan apa dari sebelum dan sesudah ngaji? 3) Gimana perasaan kalian waktu ngebaca Al-Qur'an tadi?
Setelah ketemu semua jawabannya, tulis di kertas ato tulis di kepala (maksudnya diinget getooooo). Lakukan seperti itu setiap kali ngaji. Inget : JANGAN LUPA NIAT!
Setelah tujuh hari, cek deh hasil catatan kamu. Kalo arahnya positif, berarti cara kamu udah bener. So, masa' sih anak kelas 1 SD naek kelas 2 SD masih diajarin pelajaran kelas 1? Tambah porsi ngajinya. Kali ini 2 'ain. Cara-caranya kayak dari awal tadi. Begitu seterusnya.

Nah kalo hasil akhir kalian negatif, maksudnya dari ketiga pertanyaan di atas cenderung pesimistik, seperti bacaan kalian jelek melulu dari ngaji pertama sampe terakhir ato kalian nggak dapet perubahan apa-apa sejak ngaji plus kalian nggak ngerasain apa-apa selagi baca Al-Qur'an, itu tandanya hati kalian belum masuk yang namanya N-I-A-T. Kalo pengen "sembuh", ya benerin dulu niatnya. Kalo niatnya bener, insya Allah ke bawah juga bener. Kalo masih sulit juga silahkan deh protes di bawah ini (comment box). Insya Allah saya bantuin bawa perubahan diri temen-temen lewat ngaji.

Yang perlu diinget, ngaji itu bukan audisi AFI, KDI, ato Indonesian Idol yang begitu selese langsung jago dan jadi santapan media massa. Ngaji itu proses. Finishing-nya ketika kita udah bisa mencerna dari apa yang kita kaji dan bisa bertindak sebagaimana tuntunan dari apa yang kita kaji. Al-Qur'an. tapi buat first step nggak usah sejauh itu dulu deh. Cukup ini aja dulu. Kalo udah mulai mahir, baru deh saya kasih tips yang lebih dahsyat dari ini.

Moga tips kali ini dan tips sebelumnya bermanfaat banget buat temen-temen. Maaf kalo tips dari saya terkesan geje, but ini yang saya kira bisa bikin kita semangat buat beribadah di bulan Sya'ban tanpa tekanan, tanpa paksaan, dan penuh dengan kesenangan. Bukankah kita beribadah supaya bahagia? Kalo dipaksa, ditekan terus bahagia datangnya dari mana coba? *-*

Mari Kita Sukseskan Bulan Sya'ban 1433 H Ini Dalam Semangat Ibadah Kepada Allah swt.
\(@ ̄∇ ̄@)/

NB: Supaya nggak stres ngaji melulu, sekali-kali cari tempat yang asik plus suasana mood yang tepat kalo nggak bisa dipaksain setiap habis sholat. Misal, pas nungguin matahari terbit/tenggelam ato pas lagi santai di mall ato taman kota. I think it's a good idea d=(´▽`)=b

Sumber Gambar :
Dokumentasi Pribadi
Arabion.Net - Pelajaran Pertama : Huruf Arab


Anda Sedang Membaca: 29 Juni 2012 : Jum'at Kedua di Bulan Sya'ban - Part II ಠ◡ಠ (END)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen apa aja: Monggoooo.
Yang penting harus SOPAN dan Say No to SPAM

Salam Manyar... ヾ(●⌒∇⌒●)ノ

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...