Rabu, Juni 20, 2012

Balada Modem Smart(un)fren

Proses Talak 2 1/2(ノಠ益ಠ)ノ
KALI ini, secara tegas, secara nyata, dan dengan kesadaran diri yang penuh saya harus mengatakan hal ini : Jangan terbujuk iklan dan jangan terpaku harga!

Banyak produk-produk berharga murah bertebaran di sekitar kita. Sepatu, baju, tas, perkakas. Belum lagi ponsel, laptop. Terakhir, Modem. Wow! Di-bold, kek. Hehehe... Yup. Kali ini saya akan mengangkat sebuah realita yang cukup serius. Sebuah contoh nyata (indikasi) kejahatan korporasi yang (sepertinya) tengah terjadi dan saya alami. What is it?

Sejarah dengan kesaksiannya yang ada mencatat (cieeeee..... Hehehe...), usaha cek pulsa yang saya lakukan berkali-kali pada 19 Juni 2012 sejak pukul 20.57:42 baru membuahkan hasil pada pukul 22.16:24 dengan sebuah SMS balasan dari 999 yang berisi : "Pulsa Anda Rp. 15,000 berlaku s/d 06/06/2013. Dgr lagu top, hub 357. Rp6rb/30hr." Alhamdulillah. Masih ada. Kirain udah habis atau apa gitu soalnya Modem Smartfren yang katanya anti lelet kok malah melet-melet hanya dibuat ngebuka Kakek Google. So, tanggal 19 Juni 2012 tercatat untuk kesekian kali saya dikerjain si Modem Anti Lelet ini. Dan rencana mengedit blog ini tertunda kurang lebih 2 jaman karena template yang saya otak-atik nggak bisa nyimpen! Kenapa?? Busyet dah. Gimana mau nyimpen coba kalo koneksinya aja cuma banter gambar sinyal doang?! Bener emang Mas Sinyal 1X + EVDO kenceng banget sampe tangga sinyal tertinggi. Anehnya, kenapa mogok ya? Kenapa ngebuka wikipedia, Portal Online Surya, dan beberapa blog pribadi nggak bisa? Untuk diketahui, buat ngebuka situs resmi Smartfren aja susahnya minta ampun. Padahal, dalam kondisi lelet pada hari-hari sebelum ini, kelemotan hanya menimpa situs-situs di luar website resmi Smartfren. Cobain deh buka situs Smartfren pas lagi ngadat. Menurut pengalaman saya, trafik statistik download Anda akan melonjak sampe 30kbps! Hm... Ajaib deh.

Lanjuuuuuuuut!!!!

Nah. Sejarah dimulai tadi padi. Jam 8.51:48. Sebuah pesan dari 999, tanpa dipanggil apalagi diundang, ujug-ujug nongol. Bawa kabar gembirakah? Ternyata, "iya" : IYA MUSIBAH...

ISI SMS DARI 999:
Pulsa Anda Rp. 0 berlaku s/d 06/06/2013. Dgr lagu top, hub 357. Rp6rb/30hr
Saya kaget. KEMANA PULSA 15RIBU SAYAAAAAAAAA?????

Saya tarik nafas berkali-kali, saya lepaskan dari lubang yang sama saya menghirupnya. 'Sabar... Sabar...' batin saya puluhan kali. Saya tes buka situs-situs secara acak di bookmark Firefox saya. Nihil. Dan downloadan saya, yang udah jalan sekitar 31% merangkak di tempat. Aduh! Apes. Otak saya kepikiran macem-macem. Mulai yang normal (Smartfren lagi error system) sampe yang abnormal (orang-orang Smartfren lagi error moral alias ngentitin pulsa saya). Tapi, itu prasangka. Dan sekali lagi, kita nggak bisa berpedoman pada prasangka. Saya harus ambil langkah untuk membuktikannya. Dan langkah apa yang saya ambil?

LANGKAH YANG SAYA TEMPUH SELANJUTNYA:
ε=ε=┏( >_<)┛===>>> Segera menuju Galeri Smartfren di Jalan Bendungan Sigura-Gura, Kota Malang ===>>>ε=ε=┏( >_<)┛
***
Sekitar pukul 10.45 WIB.

Setelah nyasar masuk customer service Dyna Cell (salah sapa gedung satu dibikin dua kantor!!! Eh, betul nggak sih tadi Dyna Cell?(¬_¬”)), saya akhirnya nyampe di meja pelayanan Galeri Smartfren di Jalan Bendungan Sigura-Gura. Seorang siswa setingkat SMA (seragamnya sih kayak siswa SMK Muhammadiyah. Ada tulisan di badge bahu sebelah kanan. Lagi magang mungkin) lugu melayani saya.

Kami pun terlibat pembicaraan yang sedikit kaku. Kurang lebihnya begini.

"Permisi, Mas. Saya mau tanya soal paketan internetan saya. Saya kan pake paket internetan dan baru habis tanggal 6 Juli nanti. Tapi kenapa kok sudah nggak bisa ya? Pulsa saya juga jadi nol," prolog saya.

Sang pegawai sedikit grogi. Bingung mungkin mau menanggapi gimana. Maklum. Newbie. Tiba-tiba seorang lelaki tinggi besar yang cukup ramah menimpali pertanyaan saya.

"Sekarang sudah bisa kok, Mas. Memang tadi gangguan. Jam berapa tadi?"

"Jam 8 lewat 5, Mas." Di sini saya keliru. Maksud hati bilang jam 8 lewat 55 malah keluar 8 lewat 5. Tapi, itu bukan masalahnya.

"Iya. Memang tadi gangguan," sambung mas itu lagi.

"Mas bawa modemnya?" tanya sang pegawai. Saya membalik tas punggung saya dan mengeluarkan modem dari salah satu kantung tas saya. Ketemu. Saya serahkan kepada lelaki siswa SMK itu. Bocah itu pun mencobanya.

"Memang banyak yang komplain tadi. Pulsanya hilang. Di Malang aja empat," tukas mas yang lebih betah berdiri itu.

"Gangguan ya Mas?" tanya saya.

"Ya, bisa gangguan..." jawab mas-mas itu dengan mimik sedikit menyembunyikan sesuatu hingga... "...bisa juga dibuat gangguan..."

Deg! Alamat nggak asyik nih.

Kami pun sekilas bicara soal pulsa yang hilang. Sekilas saya menangkap ada juga yang kehilangan pulsa Rp. 5.000,00 (atau Rp. 50.000,00??). Dan lelaki asing itu juga nyoba mengira-ngira seandainya yang hilang Rp. 1.000,00 dan menimpa 50 orang, maka Rp. 50.000,00 sudah pulsa pelanggan yang raib entah untuk keuntungan siapa.

"Masnya yang ilang berapa?"

"Rp. 15ribu."

"Buh. Yang tinggal ngali aja umpama 50 orang hilang pulsa Rp. 15.000,00."

Saya diam. Feeling saya dari dulu makin menguat.

"Smartfren kan punya swasta, Mas. Jadi sering nggak nerima komplain. Kalo Im3 masih mau nerima komplain," sambung mas itu, kurang lebihnya. Sebelum keluar meninggalkan kantor.

Sekarang giliran saya bicara dengan pegawai (yang mungkin) magang ini. Shit! Kenapa saya nggak tanya namanya ya? Kenapa juga dia nggak memperkenalkan diri? Hm... Indikasi lagi...

"Ini sudah bisa Mas koneksinya." Aku diam. Aku menengok ke arah layar laptop yang dipake nyobain modem saya. Ternyata lancar ngebuka Kompas.com.

"Terus ini berarti tinggal soal pulsanya ya Mas? Berarti saya harus ngisi pulsa lagi?" tanya saya. Saya yakin akan jawaban yang akan diberikan pegawai ini.

"Iya, Mas. Mas berarti harus ngisi pulsa lagi."

Saya mengangguk. Menarik kesimpulan.

"Ya sudah kalo gitu. Mari."

Saya berjalan keluar. Menemui seorang bapak-bapak penjaga parkir dan memberikan hak lelaki itu. Segera saya menyalakan motor saya, mencari jasa fotokopi terdekat dan segera menuju XL Center di depan Hartono Elektronika Kota Malang. Ada satu masalah lagi yang harus saya urusi...
***
Saat alinea ini saya tulis, 20 Juni 2012 pukul 15.24 WIB, saya dan sisa-sisa pengalaman hari ini membuat saya tersadar : saya harus ambil tindakan! Tapi, tindakan apa? Berbagai keluhan yang saya sampaikan lewat Contas Us situs resmi penyedia jasa internet tersebut tidak berujung jawaban yang memuaskan selain : "Mohon maaf untuk saat ini kami sedang melakukan pemindahan server dan bla bla bla bla blaaaaaaa...". Saya pikir, lewat tulisan inilah tindakan pertama saya tempuh. Nah, kalo dalam waktu 2x24 jam pulsa Rp. 15.000,00 saya belum kembali, saya biarkan artikel ini berdiri setia di blog pribadi ini dan (barangkali) akan menyebar di berbagai forum tulis-menulis yang ada di jagat dunia maya. Who's care?

Dan hal ini menjadi ultimatum terakhir buat saya untuk meng-the end-kan persahabatan saya dengan modem yang telah membantu saya melakukan banyak hal ini. Bulan depan akan menjadi bulan berkabungmu, Kawan.

Selamat tinggal, My Smart(un)fren-Ku....

NB : Tulisan ini nggak bertujuan buat ngejelek-jelekin Smartfren meskipun kenyataannya $%#&@. Tulisan ini hanya buat warning supaya lebih berhati-hati dan berwaspada ria. Maling nggak puas cuma nyolong sekali, bukan? Dan buat yang pengen baca konsumen-konsumen (yang nyaris) senasib dengan saya, klik link di bawah ini.
  1. HOT TOPIC & HEADLINE NEWS!!! ==>> Velli Marwan - Smartfren Error Connection & Pulsa di Sedot Abis
  2. Suara Pembaca - Pulsa Hilang Lewat Modem Internet 
  3. Wira Reload - Pencurian Pulsa oleh Smartfren (Komentar atas Suara Pembaca "Pulsa Hilang Lewat Modem Internet") 
  4. Suara Pembaca Detik.com - Pulsa Smartfren Hilang Misterius
  5. Suara Pembaca Detik.com - Pulsa Smartfren Hilang Secara Misterius
  6. Kompas Forum - Smartfren Main-Main Pulsa
  7. Komplain - Hadi Supriadi - Berita Acara Pulsa Smartfren Hilang Selama 4 Menit 56.000
  8. Kaskus - SHARE All About Smartfren Part 5
  9. Suara Pembaca - Layanan Data Smartfren Mengecewakan
  10. Cekikikan - Modem Smartfren : I Love Slow, Ternyata!



UPDATE (21 Juni 2012 pukul 11.01) :

Berhubung sejumlah konsumen, termasuk saya, sudah menerima kembali pulsa yang hilang, saya tulis sebuah artikel untuk "memperbaiki" kesan buruk yang ada di dalam artikel ini terhadap Smartfren. Artikel tersebut saya tulis karena dorongan moril saya pribadi sebagai konsumen yang didengar dan diterima keluhannya dan tanpa tendensi apapun atau disebabkan kekhawatiran apapun. Artikel tersebut saya beri judul @Smartfren, Saya Tepati Janji Saya. Terima kasih atas perhatiannya.


Anda Sedang Membaca: Balada Modem Smart(un)fren

20 komentar:

  1. Halo bro! Nasib kita sama, ternyata memang benar hari ini smartfren sedang mengalami gangguan ya? Saya kira modem-nya yang bermasalah, tak tahunya... Tapi setidaknya saya lebih beruntung dari anda, pulsa saya cuma tersedot Rp. 5000,00. Semoga akan ada penyelesaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bro. Saya sih juga untung cuma Rp. 15rb. Sy takut ada yang lebih dr sy. Sapa tau ada customer yg kena "sedot" Rp.50rb? Denger-denger sih ini permainan orang dalem. Tapi moga aja keliru. Soalnya sayang bener kalo iya. Sudah banyak yg jadi pelanggan Smartfren. Masa' iya mau ditumbalkan hanya buat keuntungan sesaat?

      Thanks sudah masuk. Kalau mau tahu soal persoalan Smartfren, coba deh kunjungi link Kaskus di atas. Panjang banget threadnya ngebahas soal Smartfren dan derita para penggunanya.

      Tunggu kunjungan saya ya! ^^

      Hapus
  2. Saya daftar paket Unified Connex Premium Monthly (up to 384 Kbps), baru lima hari koneksi koit. Sisa pulsa dari registrasi sekitar aepuluh ribuan lenyap. Tadi komplain di Kantor Smart Malang di Jalan Coklat dibilangi memang seluruh Indonesia bermasalah. Masalah pulsa yang lenyap cuma dijanjikan dikabari lagi nanti. Sekarang koneksi dah bisa tapi kaya siput.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga nyoba komplain lewat 088 11 22 33 44 cz pulsa Smart sy koit n nggak bisa dibuat nelpon tapi sy dikerjain operator Im3 saya. Dibilangin "Nomor yang Anda hubungi berada di luar jangkauan..." Astaga. Saya coba SMS udah tapi nihil respon. Semoga aja masalah ini cepet kelar. Kasian Smartfren Mania yang udah pada jatuh hati sama modem satu ini.

      Thanks udah masuk. Btw, kok pake mode anonim sih?

      Hapus
  3. Senasib mas.. pulsa saya ilang 10ribuan lebih... niatnya mau buat nambah kecepatan Turbo malah jadi melongo tadi pagi.... malah saya baca di kaskus ada yang ilang sampe 700ribuan.. bener-bener gila.. fanpage semarpret di fb gak ada jawaban apa-apa walaupun ratusan bahkan ribuan yang komplain, udah lapor ke Menkoinfo dan YLKI via fb tapi masih nihil respon.. nasib jadi rakyat kecil. gak usah diilangin yah mas artikelnya biar.. Mampir ke web ku mas.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Saya juga kaget ada yang hilang sampe 700rb. Ini peringatan buat kita supaya nggak nyimpen pulsa banyak2 di SIM Card. Biar nggak kejadian lagi kayak gini.

      Soal diilangin, sebenernya sih bukan diilangin dalam arti sebenernya, tapi saya ilangin pake artikel rehabilitasi sebagai bentuk penghargaan saya atas perhatian pihak Smartfren buat para konsumennya. Masalahnya, Smartfren ini perhatian apa nggak ya sama konsumennya? Kalo nggak mah, kayaknya harus dibombardir sama artikel kayak gini lagi nih. Hehehe...

      Hapus
    2. Udah pada balik mas pulsanya.. setelah baca fanpagenya di fb, iseng-iseng cek pulsa.. ternyata dah balik lagi.. lumayan balik ke RP. 11.740, bisa buat pake Turbo 2 kali. hehehehe

      Hapus
    3. Alhamdulillah. Punya saya juga udah balik. Wah. Kudu nulis artikel rehabilitasi nama baik nih. Hehehe... Thanks infonya.

      Hapus
  4. Sama juga mas, saya juga iya... Pulsa saya Rp 55.000 lenyap entah kemana... Padahal paket Unlimited Premium Bulanan saya baru habis tanggal 4 Juli besuk... Belum lagi modemnya sempet ga bisa dipake juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh,,, Emang sadis bener nih Smartfren. Udah datang ke Galerinya belom Mas? Mungkin punya bocoran gitu kira2 kenapa pulsa kita ngelonyor nggak jelas?

      Kayaknya beneran cari perkara nih Smartfren. Kayaknya ada yang minta di- *bang* deh.

      Sabar aja Mas. Moga ada penyelesaian segera buat kasus kita.

      Hapus
  5. permisi mas..apakah anda mengalami gangguan dalam hal check pulsa via sms :) saya skarang lagi ngalamin nih..entah apa yang harus saya lakukan..soalnya 3 hari lagi paket internet smartfren saya udah expired..tolong kasih saran apa yg harus saya lakuin ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih. Tapi sekrang udah bisa deh kayaknya. Coba cek lagi. Kalo belum bisa, pake phone aja *999 kalo mau cek pulsa ato *995 kalo mau cek status paket. Lebih cepet menurut saya.

      Kalo masih belum bisa, karena paketannya baru habis 3 hari lagi (ini paketan unlimited kan?), pake aja sampe nanti malem. Sambi terus cek status paketan agan biar nggak jebol.

      Moga membantu

      PS: Btw, ini Mas apa Mbak ya? Salam kenal ^^

      Hapus
  6. Trus gimana dong ka,gw baru beli smartfren 2bulanan ini,uda gitu pelayanan yg d kasih ga memuaskan , masa pulsa modem gw kesedot mulu tiap isi ulang -____- padahal ni ya gw kalo paketan pakenya cuma yg 1000 an doang , eeeh yg 9000 ilang noh pulsanya . Songong bnaget ni modem , demo yukk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di salah satu artikel yg sy masukin di atas (sebagai Referensi) itu ada juga yg ngalami nasib kyk agan. Ikut paket kuota, begitu paket habis pulsa ikut ilang. Kalo nggak salah baca sih kyknya sistemnya Smartfren emang gitu. Umpama ikut kuota sisa pulsa langsung ilang. Ini link yang saya maksud :

      http://suarapembaca.detik.com/read/2012/06/08/105501/1936091/283/pulsa-smartfren-hilang-misterius

      Mungkin ini bisa menjawab masalah yang agan alami. Turut berduka cita gan :s

      Hapus
  7. ngga,skrng kmu pk pa krtu pa ngga?dibondowoso klwr g signal evdo mu ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nemu dari mana blogku? Hahaha...
      Aq pake Smartfren skrg. Udah cukup bagus layanannya skrg walau harga paketan yg reguler naek 4rb jd 49rb per bulan.

      Di Bondowoso sinyal ada kok. Di Bondowoso ada tapi lemot cz sinyal mepet. Kalo di kota insya Allah lancar.

      Hapus
    2. y aqkn hebat ngga..mang aq siapa?hehe...aq eko ngga x.4.aq pk flexi k g bsa y ngga..pdhl sgnlx klwr mskpun bkn sgnalx evdox yg klwr brrti hrs gnti krtu ng.hehehe.dmn kost mu ngga?

      Hapus
    3. Iya. Aq tau Bro. Akhirny berjumpa di dunia maya. Aq kos d daerah Unisma.
      Di Bondowoso malah Smartfren ku lancar, kecuali daerh rumahku. Daerah kota ngejos pol :D

      Hapus
  8. Kalau sya masalahx beda.tiap buka situs pertama mesti lemot kadang malah problem,mw posting blog malah sering error pas mw di publish tp anehx kalu bwt dwnload antara detik 1-10 lemot stelah it ngacir.misal umpama motor kyak lgsg masuk gigi 4,awal2 lemot bgt malah sering error tp stlah it lncar.yg di mksud awal2 bkan awal2 stlah booting windows nya,tp awal bka situs,ngangkat nya kyak berat bgt.help me...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah gitu gan. Itu gangguan dr smartfren nya sih menurut saya. Alhamdulillah punya saya udah lancar walau rata2. Mklum paket reguler. Hehehehe..

      NB : Maaf baru bales. Saya baru tau ada komentar belum saya bales :(

      Hapus

Komen apa aja: Monggoooo.
Yang penting harus SOPAN dan Say No to SPAM

Salam Manyar... ヾ(●⌒∇⌒●)ノ

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...